Cara Buat Bootable Flashdisk Mudah



Membuat Bootable Flashdisk


Sistem operasi sering kali membuat kita jengkel dengan adanya virus, kerusakan, atau apapun yang ‘salah’. Ya, sukur kita bisa langsung memperbaikinya, namun jika kita sudah sangat kesal, jalan terakhir adalah ‘Install Ulang’. Dari pada pusing pusing hapus sana, hapus sini, scan sana, scan sini. Kenapa tidak hapus saja semuanya sekaligus, terlebih lagi kita akan mendapatkan OS yang masih segar, dan dapat kita ‘apa-apain’ dari ulang.

Masalahnya belum selesai. Bagaimana kita akan menginstallnya? Jika CD ROM yang kita punya tidak bisa kita gunakan, jika kita tidak memiliki CD/DVD Instalasi, namun kita memiliki file instalasi windows. Tenang, jika ada flashdisk masalah ini akan cepat selesai. Ya, kita jadikan flashdisk yang kita punya sebagai media installasi, dan pastinya harus bisa ‘Bootable’.

Nah, untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable, ada beberapa cara yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Ok lah, langsung aja.
Buat Bootable Flashdisk

Bahan-bahan yang diperlukan

Flashdisk 
Image OS (.ISO)
 Laptop/PC  
Rufus (Software)

Step:

  • Download rufusnya
  • Masukkan/colok Flashdisk kalian
  • Buka Rufus
  • Pilih device yang tadi dimasukkan
  • Ceklis seperti pada gambar
  • Pilih file image kalian (yang gambar CD)
  • Klik start
  • Tunggu hingga proses selesai 
Penggunaan Rufus ini sangat sangat mudah. selain karna kita tidak perlu mengetikkan perintah apapun lewat command prompt (karna ada yang kayak gitu :D), sistem Interfacenya juga sangat familiar (Seperti kalian format flashdisk), dan yang lebih membuat cara ini sangat efektif adalah kita tidak perlu mengisntal Rufus di PC atau Laptop karna software ini merupakan software portable dengan ukuran yang sangat kecil. Tapi, sebelum kalian melakukan cara ini, pastikan flashdisk yang digunakan kosong (atau boleh kalian backup terlebih dahulu), karna rufus akan melakukan format terlebih dahulu sebelum membuat flashdisk kalian menjadi bootable.
Semoga bermanfaat! 

 
Password = ikhbarbismoko.blogspot.com
Previous
Next Post »