Buat Hotspot Tanpa Aplikasi


Buat Hotspot Tanpa Aplikasi


Di era yang modern ini, hampir semua kalangan masyarakat memerlukan internet. Mulai dari pelajar sampai dengan bos. Mulai dari anak anak sampai usia lanjut. Internet merupakan media termudah untuk mencari informasi yang ada di seluruh dunia.

Sekarang ada banyak sekali ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet yang menawarkan jasa untuk menyediakan layanan internet untuk keperluan yang beragam seperti kebutuhan rumah tangga.

Tapi, kebanyakan ISP Hanya menyediakan layanan internet kabel tanpa meminjamkan alat AP (Access Point) untuk kita gunakan sebagai penyebar sinyal, atau kita akan lebih familiar dengan sebutan WiFi. Adapun yang meminjamkan alat Access Point, mereka akan mengenakan tarif yang lebih mahal ketimbang yang tidak. Apa lagi kalau kita beli sendiri alatnya di toko computer, kita mungkin akan mengeluarkan biaya yang lebih.

Tapi, kalian tidak perlu risau. Di sini Ikhbar bakalan ngasih tau cara bikin jaringan hotspot dengan laptop tanpa aplikasi sama sekali di windows 7. Mungkin sebelumnya Ikhbar udah pernah upload tentang aplikasi yang bisa bikin jaringan WiFI, yaitu Connectify Hotspot. Bedanya, kali ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi apapun kecuali Command Prompt (CMD) yang telah tersedia di OS Windows 7. Ya, kalian tinggal pilih pakai aplikasi, atau tidak. Dengan aplikasi akan lebih mudah dan kalian tidak perlu repot untuk menggunakannya. Tapi dengan cara ini kita tidak perlu menginstall apapun untuk mengaktifkan hotspot portable ini. So, make your choice wisely now!

Jika kalian memilih dengan cara ‘tanpa aplikasi’, silahkan lanjutkan membaca artikel yang mungkin berguna ini.

Ok kita mulai. Yang pertama adalah pastikan kalian punya akses internet kabel atau modem.

Buka Command Prompt dengan akses administrator.

CMD Run As Administrator

Maka akan muncul tampilan Command Prompt seperti ini :

Command Prompt Administrator 

Ketik perintah :
Netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Ikhbar key=ikhbar999

Perintah Hotspot

Note:


‘ikhbar’ pada ‘ssid=ikhbar’ adalah nama hotspot yang akan kita buat, kalian bisa ganti dengan apa saja ‘ssid=namahotspot’
‘ikhbar999’ pada ‘key=ikhbar999’ adalah password hotspot, bisa di ganti sesuka kalian ‘key=password8karakter’
Tekan Enter
Jaringan sudah selesai di buat. But It's Not The End!

Sekarang kita akan menyambungkan jaringan yang tadi kita buat dengan internet.
Pertama kita buka ‘Network And Sharing Center’
Nanti akan muncul jendela seperti ini

Network And Sharing Center

Pilih jaringan yang ada internetnya, lalu pilih properties

Jaringan

Masuk ke menu sharing, dan tandai kedua duanya. Pilih seperti pada di gambar


Sharing Internet


Nah sekarang kita sudah bisa menggunakan internet lewat hotspot yang sudah kita buat tadi. Kita bisa nikmatin fasilitas hotspot portable ini di device manapun yang punya wifi adapter. Laptop kalian sekarang bisa jadi Access Point dadakan, gak perlu beli Access Point lagi, ngirit!

Hasil Akhir












Previous
Next Post »