Elemen Elemen Dasar Chakra Di Naruto

Elemen Elemen Dasar Chakra Di Naruto

Elemen dasar adalah elemen / chakra dasar yang di punyai setiap shinobi. Elemen dasar juga merupakan elemen yang mendasari sebuah jutsu, meski setiap shinobi tidak memiliki elemen yang artinya mereka ahli dalam bidang tertentu saja seperti taijutsu, kenjutsu maupun genjutsu atau ciri khas jutsu dari klan nya masing-masing.

Lihat diagram disamping merupakan 5 elemen dasar dimulai dari  Api (火, Hi ), Angin (風, Kaze), Petir (雷, Kaminari), Bumi (土, Tsuchi), Air (水, Mizu). Dari  5 jenis Elemen disamping masing - masing dapat merubah chakra atau sering disebut dengan   Lima Elemen Alam Transformation ( Godai Seishitsu Henka )  , ini terjadi atas dasar ninjutsu bukan dari asal desa atau negara , kelimanya terhubung satu sama lain sebagaimana diagram disamping, tidak ada yang lebih kuat dan tidak ada yang lemah, semuanya sama - sama memiliki kelemahan seperti arah diagram disamping. Api kuat terhadap angin tetapi lemah terhadap air, angin kuat terhadap petir tapi lemah terhadap api, petir kuat terhadap bumi tapi lemah terhadap angin, bumi kuat terhadap air tapi lemah terhadap petir, air kuat teradap api tapi lemah terhadap bumi. Kelima elemen dasar melambangkan ciri khas chakra apa yang akan shinobi bisa kembangkan.

Untuk memastikan seorang shinobi memiliki jenis chakra dasar apa ??? Digunakan kertas chakra untuk memastikannya, seperti naruto yang diketahui memiliki elemen dasar angin setelah kakashi hatake  mencontohkan memakai kertas chakra dan kakashi sensei menggunakan daun sebagai ganti kertas chakra dan meletakannya diatas telapak tangan naruto maka daun  tersebut terbagi 2 bagian, baru lah diketahui bahwa naruto memiliki elemen dasar angin ( Eps 53-56 ).
 
Reaksi - Reaksi elemen dasar terhadap kertas chakra : 
  1. Api (火, Hi ) : Kertas chakra terbakar dan menjadi abu         
  2. Angin (風, Kaze) : Kertas chakra terbelah menjadi 2 bagian
  3. Petir (雷, Kaminari) : Kertas chakra akan mengkerut 
  4. Bumi (土, Tsuchi) : Kertas chakra berubah menjadi tanah dan hancur seperti lumpur
  5. Air (水, Mizu) : Kertas chakra akan basah / lembab.  
Sekarang, saya akan membahas 5 elemen dasar :

1. Katon [ 火遁, "Fire Release"]

Secara harfiah berarti " Teknik Api " yang berasal dari Api (火, Hi ). Elemen api merupakan elemen dominan yang dimiliki oleh negara api dalam cangkupan desa konohagakure seperti clan uchiha dan clan saratobi. Selain mata sharingan, clan uchiha memiliki ciri khas elemen api nya salah satu nya adalah " Goukakyou no Jutsu ". Begitu pula clan saratobi, mereka juga sangat ahli dalam elemen ini dan bahkan dapat dikombinasikan dengan elemen lain nya ataupun bisa dibentuk menjadi sebuah komponen tersendiri.
Elemen api bukan hanya dimiliki oleh desa konoha yang melambangkan negara api tetapi semua shinobi yang berelemen api lah yang bisa menggunakan chakra api. Kebanyakan dari beberapa shinobi, elemen api dikeluarkan dari mulut mereka setelah menggunakan segel tangan lalu meluncurkan serangan nya. Ada juga yang timbul dari luar tubuh mereka/organ tubuh lainnya selain mulut seperti yang dilakukan "Mui" dalam "Naruto Shippuden The Movie : Blood Prison " kepada Naruto. 

Elemen api akan sangat kuat apabila digabungkan dengan elemen angin (secara alami angin dapat membuat api lebih berkobar/membesar) dan sangat lemah terhadap elemen air yang mampu memadamkan api. Namun lemah nya suatu jutsu terhadap elemen yang berbanding terbalik itu semua dapat dilihat dari seberapa kuat elemen api tersebut seperti "Katon : Gouka Mekkyaku" milik "Madara Uchiha" pada saat perang dunia shinobi ke empat.
Kelebihan :
  • Memiliki daya hancur & rusak yang besar
  • Sulit dihindari atau ditahan, karena efek non-solid. bahkan api pada tingkatan tinggi dapat melelehkan benda keras
  • Mudah dimanipulasi, diperbesar, dan dikendalikan.
Kekurangan :
  • Katon tidak memandang siapapun, akan melukai siapa saja termasuk penggunanya, kecuali jika api tertentu.
  • Daya rusak tinggi dapat menghancurkan daerah sekitar
  • Sebagian besar, Katon diproduksi melalui mulut sehingga pengguna akan lemah dari belakang.

2. Suiton [ 水遁, "Water Release"]

Secara harfiah berarti "Teknik Air" yang berasal dari Air (水, Mizu). Elemen air biasanya digunakan oleh shinobi desa Kirigakure karena desa mereka sebagian besar memiliki dasar chakra air. Seperti "Suiton : Suiryuudan no Jutsu" dengan tipe elemen air yang memiliki bentuk naga air dan mempunyai segel tangan dengan jumlah 44, jutsu ini pertama kali digunakan oleh "Zabuza Momochi" ( Salah satu, Kiri no Shinobigatana Shichinin Shū ) untuk melawan team 7 saat mengawal "Tazuna" ke negara asalnya.

Elemen air juga sangat berbahaya dapat membuat lawan mati dalam sekejap karena tidak bisa bernafas seperti yang dilakukan "Hoshigaki Kisame" (Salah satu, Kiri no Shinobigatana Shichinin Shū) pada team Guy pada saat misi penyelamatan "Godaime Kazekage". Kisame menjebak Neji, Tenten, dan Lee masuk dalam jutsu "Suiton : Suiro no Jutsu", jika mereka manusia biasa pada umumnya mereka akan mati. Tidak hanya untuk menyerang, elemen air dapat digunakan sebagai tameng/pertahanan seperti "Suiton : Suijinhekki" yang nanti nya elemen air tersebut akan membentuk dinding air, biasanya jutsu ini digunakan untuk menahan jutsu berelemen api. 

Bahkan "Mei Terumi" (Godaime Mizukage) dapat mengembangkan nya menjadi sangat efektif seperti jutsu Suijinheki menjadi jutsu Sujinchuu. Sama dengan elemen api, elemen air tidak harus dikerluarkan dari dalam mulut, umumnya elemen air justru memanfaatkan air disekitarnya yang mengakibatkan elemen air memiliki kelemahan. Hokage Kedua (Tobirama Senju) memiliki kemahiran untuk mengendalikan elemen air tanpa adanya air disekitarnya.

Kelebihan :
  • Suiton memiliki respon yang sangat cepat dalam bergerak 
  • Satu-satunya elemen dasar yang memiliki berbagai fungsi, seperti untuk penjara, tali, pisau, dinding, dll
Kekurangan :
  • Suiton biasanya dipakai jika ada sumber air (kecuali yang diproduksi atau memiliki tingkat lebih tinggi) 
  • Memiliki daya rusak yang rendah, karena suiton lebih mengarah ke daya tekanan 

3. Doton [ 土遁, "Earth Release"]

Secara harfiah berarti "Teknik Tanah" yang berasal dari Bumi (土, Tsuchi). Doton adalah elemen yang memanfaatkan unsur bumi. Elemen tanah merupakan elemen termudah yang dibentuk karena pada dasarnya elemen tanah dapat dilakukan hanya melakukan segel tangan lalu menghentakkan tangan mereka pada tanah seperti yang dilakukan aliansi shinobi yang menghentikan Bijuudama milik Juubi (Bijuu ekor 10), tetapi teknik ini mungkin hanya berlaku untuk dinding tanah saja. Pada umumnya teknik/jutsu yang berelemen tanah sebagian besar dimiliki oleh shinobi desa Iwagakure.

Semasa perang dunia shinobi ketiga, desa Iwagakure menghabisi hampir seluruh pasukan desa Konohagakure dengan elemen ini. Elemen tanah rentan terhadap elemen petir dan akan kuat jika melawan elemen air. Jika melawan elemen petir, tanah akan mudah hancur dan jika melawan elemen air maka air dengan mudah meresap ke dalam tanah sehingga tanah lebih dominan untuk melawan air dan terciptalah lumpur.

Elemen tanah sama seperti elemen air, elemen tanah dapat digunakan sebagai pertahanan seperti "Doton : Banri Doryuhekki" dalam versi gabungan Doryuhekki serta jutsu penyerangan seperti "Doton : Iwa no Goremu" golem tanah raksasa milik Oonoki (Sandaime Tsuchikage).

Kelebihan :
  • Doton lebih banyak diproduksi melalui pijakan sehingga memiliki akurasi yang lumayan
  • Tingkat kekerasan yang tinggi dapat menghancurkan objek dengan mudah dan membuat pertahanan yang lumayan
Kekurangan :
  • Lemah ketika pengguna berada diudara
  • Efek bumi dapat menghancurkan daerah sekitar

4. Raiton [ 雷遁, "Lightning Release"]

Secara harfiah berarti "Teknik Petir" yang berasal dari Petir (雷, Kaminari). Raiton merupakan elemen yang pengguna gunakan untuk menyerang lawan dalam bentuk sengatan, salah satunya milik "Hatake Kakashi" dan "Sasuke Uchiha". Kakashi menciptakan "Chidori" lalu mengembangkannya menjadi "Raikiri", begitu pula dengan Sasuke yang mempelajari "Chidori" dari Kakashi. Berbeda dengan Kakashi, Sasuke tidak dapat mengembangkan "Chidori" menjadi "Raikiri" namun dapat mengembangkan "Chidori" menjadi beberapa macam seperti "Chidori Nagashi", "Chidori Senbon", serta "Kirin".

Raiton pada umumnya dimiliki oleh Desa Kumogakure. Yondaime Raikage (A) memiliki kecepatan satu level di bawah milik Yondaime Hokage (Namikaze Minato). Yondaime Raikage (A) memiliki kecepatan supernya dengan cara melapisi tubuhnya dengan Raiton, bukan hanya untuk kecepatan tapi untuk pertahanan "Raiton no Yoroi". Sayangnya Raiton memiliki kelemahan terhadap elemen angin, setajam-tajamnya petir masih lebih tajam angin dengan kecepatan super.

Kelebihan :
  • Raiton memiliki daya sengat, sehingga walaupun lawan hanya terkena sedikit serangan, efek sengatan akan mengalir
  • Mudah dirambatkan pada objek tertentu
Kekurangan :
  • Efek sengatan dapat melukai pengguna
  • Sulit dimanipulasi, karena raiton adalah elemen non-solid tetapi hanya mengacu pada 1 gerakan atau bentuk (Kecuali ditingkat tinggi)

5. Fuuton [ 風遁, "Wind Release"]

Secara harfiah "Teknik Angin" yang berasal dari angin (風, Kaze). Elemen berupa angin yang dapat digunakan dalam unsur ketajaman ataupun dorongan. Teknik angin biasanya bukan bersifat seperti angin biasa tetapi berupa pisau angin yang sangat tajam dan oleh karena itu elemen angin lebih kuat daripada elemen petir walaupun kekuatan memotong cenderung lebih kuat elemen petir tapi daya potong angin melebihi petir. Dalam dunia Naruto mungkin Naruto Uzumaki lah yang memiliki elemen angin terhebat. Dengan merubah dan menggabungkan sifat chakra Rasengan dan menambahkannya dengan elemen angin terbentuklah "Rasenshuriken" yang mampu memotong beberapa orang yang ada disekitarnya.

Umumnya elemen angin dimiliki oleh shinobi desa Sunagakure seperti Temari dan Baki. Temari menggunakan elemen anginnya dengan bantuan kipas serta kuchiyosenya, Kamatari sehingga menciptakan tekanan angin yang luar biasa.

Penggunaan elemen angin cenderung masuk kedalam tipe penyerangan daripada pertahanan, tetapi musuh juga akan tetap waspada jika shinobi yang dilawannya adalah pengguna elemen angin karena musuh pasti tidak akan bisa menyerang dari jarak dekat karena sangat beresiko. Jika elemen angin Naruto melawan elemen api Sasuke maka sudah pasti Naruto lah yang akan menang tetapi sebaliknya jika elemen angin Naruto melawan elemen api Sasuke maka Sasuke lah yang akan menang.

Kelebihan :
  • Memiliki ketajaman yang sangat luar biasa
  • Lebih efisiens menyerang target ketika didaerah yang terhalang oleh benda-benda, karena elemen ini bersifat non-solid
  • Dapat dialirkan pada senjata untuk tujuan tertentu
Kekurangan :
  • Lemah dalam pertahanan
  • Dapat melukai diri sendiri jika memiliki efek yang besar
  • Sulit menghancurkan benda keras (Kecuali merusak)
Previous
Next Post »