Belajar Coding : Bahasaa Pemrograman Mana Yang Harus Kita Pelajari Terlebih Dahulu?


 Bahasa Pemrograman Apa Yang Harus Saya Pelajari Lebih Dulu?

Bahasa Pemrograman
Bagi kalian yang mau terjun dan merasakan dunia pemrograman, mungkin kalian akan menemui satu masalah yang sangat elementer. Ya, kalian akan bingung untuk memilih bahasa yang mana yang akan kita pelajari terlebih dahulu. Apalagi kalian juga belum mempunyai target atau tujuan untuk Anda belajar. Apakah untuk fokus ke programming web, software developer, mobile apps, atau yang lainnya?

Nah, Saya nemu sebuah artikel bagus di internet untuk membantu membuka pikiran kita yang masih bingung mau belajar bahasa pemrograman yang mana dulu. Situs itu adalah makeawebsitehub.com. Di sana terdapat infografik yang sangat bagus mengenai bahasa pemrograman, dari mulai tingkat kesulitan, popularitas, target, dan masih banyak lagi. Tapi, website tersebut merupakan website berbahasa inggris dan tidak semua orang dapat memahaminya. Untuk itu, saya ingin membantu kalian yang ingin belajar, tapi tidak terlalu paham bahasa inggris untuk memahami tujuan belajar yang akan kalian lakukan.

Pertama, kalian harus menentukan target atau tujuan kalian belajar. Jika kalian benar benar baru dalam dunia pemrograman, akan sangat sulit untuk menentukan dimana kita harus mulai. Mungkin kita pernah bertanya kepada teman kita atau guru kita, atau kita pernah membaca artikel artikel di blog blog namun kalian hanya di buat pusing olehnya. Cara terbaik untuk menentukan adalah survey, observasi, mengamati, mempelajari situasi atau kondisi dari target yang kita tuju. Contoh paling simpel adalah dengan mencari tahu tentang pekerjaan berdasarkan pada bahasa pemrograman yang kita tahu. Nah ini adalah grafik JobTrends yang saya dapat dari Indeed.com.


javasripct developer, java developer, sql developer, c developer, ruby developer, python developer, c# developer, [c] developer, php developer, html developer Job Trends graph 

Nah untuk membantu kalian memahami dan menentukan bahasa pemrograman yang terbaik yang bisa kalian pelajari. Saya akan memberikan infografik untuk kalian. Langsung saja, cekidot.

Yang Pertama  : Bahasa Python


Bahasa Pemrograman Python

 

Yang Kedua : Java

Bahasa Pemrograman Java

 

Ketiga : C

Bahasa Pemrograman C

 

Keempat : C++

Bahasa Pemrograman C++

 

Kelima : Javascricpt

Bahasa Pemrograman Javascript

 

Keenam : C#

Bahasa Pemrograman C#

 

Ketujuh : Ruby

Bahasa Pemrograman Ruby

 

Kedelapan : PHP

Bahasa Pemrograman PHP

 

Kesembilan : Objective [C]

Bahasa Pemrograman Objective [C]

 

Bagaimana Cara Memilih?

Cara memilihnya adalah 'Tanya Pada Diri Kalian Sendiri!' Ya, itu benar. Untuk apa? Kalian ingin belajar coding untuk apa, lalu hobi kalian apa, itu adalah faktor yang menentukan keberhasilan belajar bahasa pemrograman ini. Singkatnya, pertama kalian tentukan untuk apa, lalu rencanakan apa yang akan kalian lakukan, lalu pilih bahasa yang sesuai. Semua bahasa pemrograman memiliki resiko dan tuntutan pekerjaannya masing masing. Biasanya perusahaan akan membayar upah yang besar kepada programmer yang tepat.

What Programming Language Should You Choose?

Untuk lebih detail lagi tentang Bahasa Pemrograman, ini adalah tabel periodik dari berbagai macam bahasa (Mirip tabel periodik unsur):

Table Periodic Programming Language

Nah, itu adalah tips tips yang bisa Saya sampaikan untuk saat ini. Nanti kalau ada pertanyaan atau apapun yang kurang jelas, bisa langsung ditanyakan kok! Sekian dan terima kasih
Previous
Next Post »